by Zaenal Arifin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Senin, 09 Mei 2011

SOAL UTS




Ujian Tengah Semester Genap 2010/2011
Fakultas Ilmu Komputer
Udinus Semarang
     Mat-Kul   : Peng. Manajemen         Waktu                   : 75 Menit
    Hari         : Rabu, 4 Mei  2011        Kelompok     : A21.1201
    Sifat        : Tutup Buku                  Dosen                    : Zaenal Arifin, SE, MKom
    Jam          : 13.00 – 14.15

                       
                       
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan Jelas

1.   Apa yang dimaksud dengan lingkungan eksternal (external environment) dan lingkungan internal (internal environment)? Jelaskan disertai dengan gambarnya.
2.   Terdapat 4 (empat) posisi atau tingkat tanggung jawab sosial yang dapat dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. Sebut dan jelaskan.
3.   Organisasi mempunyai berbagai jenis tujuan yang harus dicapai demi kemajuannya. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tujuan strategis (strategic goal), tujuan taktis (tactical goal) dan tujuan operasional (operational goal).
4.   Perubahan Organisasi (Organization Change) merupakan langkah organisasi agar senantiasa eksis dalam dunia persaingan global. Apa yang dimaksud dengan perubahan terencana (planned change) dan perubahan reaktif (reactive change) dan tuliskan pula langkah-langkah dalam proses perubahan.
5.   Strategi merupakan rencana yang komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi. Sebut dan jelaskan tiga bidang strategi secara umum.

۞SELAMAT MENGERJAKAN ۞


jawaban
1.   Lingkungan eksternal adalah segala sesuatu yang berada di luar batasan organisasi yang mungkin mempengaruhinya.
Lingkungan internal adalah kondisi dan kekuatan yang berada di dalam suatu organisasi.
Gambar lihat bawah. Hal 69
2.   Terdapat 4 posisi, yakni:
a.   Posisi penghalang (obstructionist stance) adalah suatu pendekatan terhadap tanggung jawab social di mana perusahaan melakukan sesedikit mungkin usaha untuk memecahkan masalah social atau lingkungan.
b.   Posisi defensive (defensive stance) adalah suatu posisi tanggung jawab social di mana organisasi melakukan semua yang perlu dilakukannya menurut hukum tapi tidak lebih dari itu.
c.   Posisi akomodatif (accommodative stance) adalah suatu posisi tanggung jawab social di mana organisasi memenugi kewajiban etika dan legalnya dan juga melangkah jauh dari persyaratan tersebut dalam beberapa kasus tertentu.
d.   Posisi proaktif (proactive stance) adalah suatu posisi tanggung jawab social dimana perusahaan memandang dirinya sebagai anggota dalam masyarakat dan secara proaktif mencarai kesempatan untuk berkontribusi  kepada masyarakat tersebut.
3.   Yang dimaksud dengan :
a.   tujuan strategis (strategic goal) adalah tujuan yang dirancang oleh dan untuk manajemen puncak organisasi.
b.   tujuan taktis (tactical goal) adalah tujuan yang dirancang oleh dan untuk manajer menengah organisasi
c.   tujuan operasional (operational goal) adalah suatu tujuan yang dirancang oleh dan untuk manajer di tingkat yang lebih rendah dalam organisasi.
4.   Yang dimaksud dengan :
a.   perubahan terencana (planned change) adalah perubahan yang dirancang dan diimplementasikan secara berurutan dan tepat waktu sebagai antisipasi dari peristiwa di masa mendatang.
b.   perubahan reaktif (reactive change) adalah suatu respons bertahap bertahap terhadap peristiwa ketika mereka muncul.
c.   Langkah-langkah dalam proses perubahan:
1.   Pengidentifikasikan kebutuhan akan perubahan
2.   Penetapan tujuan perubahan
3.   Diagnosis dari variable yang relevan
4.   Pemilihan teknik perubahan yang sesuai
5.   Perencanaan implementasi untuk perubahan
6.   Implementasi actual
5.   Tiga bidang strategi secara umum adalah
a.   Kompetensi unggulan (distinctive competence) adalah kekuatan organisasional yang hanya dimiliki oleh sejumlah kecil perusahaan yang bersaing.
b.   Ruang lingkup (scope) adalah ruang lingkup yang merinci rentang pasar di mana suatu organisasi akan bersaing.
c.   Alokasi sumberdaya (resource deployment) adalah bagaimana organisasi akan mendistribusikan sumber dayanya di antara bidang-bidang yang menjadi lahan persaingannya.



Ujian Tengah Semester Genap 2010/2011
Fakultas Ilmu Komputer
Udinus Semarang
     Mat-Kul   : Peng. Manajemen         Waktu                   : 75 Menit
    Hari         : Rabu, 4 Mei  2011        Kelompok     : A21.1202
    Sifat        : Tutup Buku                  Dosen                    : Zaenal Arifin, SE, MKom
    Jam          : 19.00 – 20.15

                       
                       
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan Jelas

1.   Terdapat 5 (lima) kekuatan kompetitif menurut Michael Porter yang harus manajer ketahui terkait dengan interaksi lingkungan dan organisasi. Sebut dan jelaskan.
2.   Terdapat perdebatan antara pendukung dan penentang tanggung jawab sosial perusahaan. Jelaskan argumen yang mendukung dan juga yang menentang
3.   Untuk memperlancar langkah-langkah operasional ke depan, sebuah organisasi perlu membuat rencana-rencana. Apa yang dimaksud dengan rencana strategis (strategic plan), rencana taktis (tactical plan) dan rencana operasional (operational plan) itu?
4.   Dalam perubahan organisasi (organization change) sering ada pihak-pihak yang menolak untuk berubah. Apakah alasan penolakan terhadap perubahan dan bagaimana pula mengatasinya.
5.   Sebagian besar bisnis di masa sekarang juga mengembangkan strategi pada dua tingkat yang berbeda, strategi tingkat bisnis (business level strategy)dan strategi tingkat korporasi (corporate level strategy). Jelaskan keduanya.


            ۞SELAMAT MENGERJAKAN ۞



Jawaban
1.   5 (lima) kekuatan kompetitif (five competitive forces) adalah:
a.    Ancaman dari para pendatang baru (threat of new entrants)
b.   Persaingan kompetitif (competitive rivalry)
c.    Ancaman dari produk substitusi (threat of substitute product)
d.   Kekuatan pembeli (power of buyers)
e.    Kekuatan pemasok (power of suppliers)
2.   Ada dua argument:
a.    Pendukung
1.   Bisnis menciptakan masalah dan oleh karena itu bisnis seharusnya membantu untuk memecahkannya
2.   Perusahaan adalah warga Negara dalam masyarakat kita
3.   Bisnis seringkali memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memecahkan masalah
4.   Bisnis adalah rekan kerja dalam masyarakat kita, sama dengan pemerintah dan populasi secara umum.
b.   Penentang
1.   Bisnis tidak memiliki keahlian untuk mengelola program2 sosial
2.   Keterlibatan dalam program social memberikan bisnis terlalu banyak kekuasaan
3.   Terdapat potensi konflik kepentingan
4.   Tujuan dari masyarakat bisnis untuk menghasilkan laba bagi pemiliknya.
3.   Yang dimaksud dengan:
a.    rencana strategis (strategic plan) adalah rencana umum yang mendasari keputusan alokasi sumber daya, prioritas, dan langkah2 tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis
b.   rencana taktis (tactical plan) adalah suatu rencana yang ditujukan untuk mencapai tujuan taktis dan dikembangkan untuk mengimplementasikan bagian tertentu dari suatu rencana strategis
c.    rencana operasional (operational plan) adalah suatu rencana yang menitikberatkan pada pelaksanaan rencana taktis untuk mencapai tujuan operasional.
4.   Beberapa alas an perubahan, yakni:
a.    Ketidakpastian
b.   Kepentingan pribadi yang terancam
c.    Perbedaan persepsi
d.   Rasa kehilangan
Sedangkan mengatasinya dapat dengan cara:
1.   Partisipasi
2.   Pendidikan dan komunikasi
3.   Fasilitasi
4.   Analisis bidang kekuatan
5.   Strategi tingkat bisnis (business level strategy) adalah serangkaian strategi alternative yang dipilih organisasi pada saat ia berbisnis dalam industry atau pasar tertentu.
Sedangkan strategi tingkat korporat (corporate level strategy) adalah serangkaian alternative strategi yang dipilih organisasi pada saat ia mengelola operasinya secara simultan di beberapa industry atau pasar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF